Sabtu, 25 November 2017

Jenis Ikan Predator dan Cara Perawatannya

Jenis Ikan Predator dan Cara Perawatannya




            apakah kalian sudah tau kalau ikan predator itu sangatlah ganas dan adapula yang biasa saja ya tidak ganas juga.

disini saya akan memberitahu dan menjelaskan ''jenis ikan predator dan cara perawatannya''.

1.Ikan Gabus Toman

           











         Nahh ikan gabus toman adalah nama sejenis ikan buas dari suku ikan gabus (Channidae). Memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan gabus, toman dapat tumbuh besar mencapai panjang lebih dari satu meter dan menjadi spesies yang terbesar dalam sukunya.Ikan toman dalam bahasa Inggris dikenal sebagai red snakehead, redline snakehead merujuk pada warna tubuhnya ketika muda, atau Malabar snakehead. Nama snakehead mengacu pada bentuk kepalanya yang menyerupai kepala ular. Sementara nama ilmiahnya adalah Channa micropeltes.
          Cara Perawatannya adalah anda harus siap dalam mengeluarkan uang yang amat sangat banyak dalam waktu satu bulan di karenakan ikan toman ini sangat ganas dan ya menurut saya dia adalah ikan yang sangat rakus sekali ya, selanjutnya adalah pemilihan tempat tempat juga menjadi hal pentin dalam memelihara ikan toman agar cepat besar tentunya, yang terakhir adalah jangan pernah anda mencampurkan ikan lain yang ukurannya lebih kecil dari toman.

2.Ikan Alligator


          Ikan yang satu ini sama seperti halnya ikan toman, ikan Alliggator merupakan spesies ikan terbesar dan memakan ikan-ikanan dengan mocong yang menyerupai buaya makannya ikan alligator ini di sebut ikan buaya. ikan ini dapat tumbuh besar hingga ukuran raksasa, saking besarnya ikan predator ini sering di cari oleh para pencinta ikan predator untuk di pelihara di rumahnya, ikan ini juga terlihat sangat bagus di dalam aquarium loh.
Ikan alligator juga banyak jenisnya yaitu: 
  • LONGNOSE GAR
  • SHORTNOSE GAR
  • SPOTTED GAR
  • FLORIDA GAR
  • ALLIGATOR GAR (Paling Besar)
  • TROPICAL GAR
  • CUBAN GAR
  • XANTHIC GAR (gold)
  • LEUCISTIC GAR (platinum)
  • MELANISTIC GAR (black)
  • ALLBINO
         cara perawatannya ialah sama halnya seperti ikan toman anda harus siap mengeluarkan bajet ikan ini sama halnya seperti toman sangatlah rakus dan anda sebabnya harus memberikan dia pakan terus supaya cepat besar, dan memberikan tempat yang cukup luas untuk ikan alligator, karena dia tumbuh dengan amat sangat cepat.

3.Ikan Oscar


         Ikan Oscar Adalah ikan hias yang merupakan keluarga dari cichlid yang nama latin ikan oscar adalah ( Astronotus ocellatus ).Ikan air tawar yang mempunyai sifat agresif ini berasal dari sungai Amazon.
         Ikan oscar bisa tumbuh hingga ukuran tubuhnya 40 cm, makanya untuk akuarium haruslah yang lumayan besar karena pastinya dengan ukuran demikian ikan oscar membutuhkan banyak ruang.
Ikan Oscar juga banyak jenisnya yaitu: 
  • Oscar Tiger 
  • Oscar Red
  • Oscar Albino
Cara merawatnya: Cahaya penting bagi kehidupan, maka tempatkan akuarium pada tempat yang bercahaya, akan tetapi bukan cahaya matahari langsung. Untuk makanan ikan oscar sangat mudah, karena ikan ini melahap dan menikmati setiap makanan yang diberikan. Jangkrik hidup dan cacing adalah alternatif dan sangat bagus untuk makanan alami ikan oscar.

4.Ikan Palmas


        ikan palmas merupakan jenis ikan predator yang mudah dipelihara serta banyak ditemukan pada daerah atau negara Afrika bagian barat. adalah ikan hias air tawar yang habitat asalnya adalah negara Afrika Barat.
Cara Merawatnya: Wadah yang tepat untuk jenis ikan palmas ini tidak lain adalah aquarium, yang akan mewujudkan sifat keindahan dan kecantikannya serta mampu menampung semua jenis perlengkapannya. Usahakan untuk menyediakan jenis pakan yang berbau, karena ikan palmas sendiri dari segi penglihatannya kurang begitu bagus. Jadi pemberian pakan ikan palmas yang paling tepat adalah pakan hidup yang berukuran kecil. Seperti misalnya ikan kecil dan udang air tawar.

5. Ikan Arwana


         Arwana Asia (Scleropages formosus), atau Siluk Merah adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang; sirip dubur terletak jauh di belakang badan. Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan. Arwana Asia juga disebut "Ikan Naga" karena sering dihubung-hubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa.

Arwana Asia adalah spesies asli sungai-sungai di Asia Tenggara khususnya Indonesia. Ada empat varietas warna yang terdapat di lokasi:
Cara Perawatannya: akuarium dan perlengkapan akuarium untuk menunjang kehidupan arwana. Nyaman tidaknya ikan arwana di dalam akuarium dapat ditentukan oleh perlengkapan akuarium itu sendiri. Memberikan makanan yang baik untuk ikan arwana.
Untuk makanan ikan arwana yang baik untuk kesehatannya, kita dapat memberikan makanan berupa hewan yang masih hidup seperti kelabang, jangkrik, dan sebagainya.

6.Ikan Belida



        kan lopis merupakan jenis ikan sungai yang tergolong dalam suku Notopteridae (ikan berpunggung pisau). Ikan ini lebih populer dengan nama ikan belida/belido, yang diambil dari nama salah satu sungai di Sumatera Selatan yang menjadi habitatnya. Orang Banjarmenyebutnya ikan pipih. Jenis ini dapat ditemui di SumatraKalimantanJawa, dan Semenanjung Malaya, meskipun sekarang sudah sulit ditangkap karena rusaknya mutu sungai dan penangkapan. Ikan ini merupakan bahan baku untuk sejenis kerupuk khas dari Palembang yang dikenal sebagai kemplang. Dulu lopis juga dipakai untuk pembuatan pempek namun sekarang diganti dengan tenggiri. Tampilannya yang unik juga membuatnya dipelihara di akuarium sebagai ikan hias.

Cara Perawatannya: Persiapan Aquarium Ukuran aquarium yang akan digunakan untuk merawat ikan belida harus cukup besar. Hal ini dikarenakan ikan belida merupakan ikan yang aktif bergerak. Paling tidak Anda bisa memakai tangki yang memiliki dimensi 100 x 60 x 45 cm. Aquarium tersebut kemudian diisi dengan air hingga memenuhi 3/4 dari total volume-nya serta dilengkapi dengan sistem aerator dan filtrasi. Jaga supaya suhu air bertahan di kisaran 25-30 derajat celcius. Pemberian Makana Sebagai binatang karnivora, ikan belida hanya mau memakan pakan yang berjenis daging-dagingan. Anda bisa memberikan ikan yang berukuran kecil sebagai makanan ikan belida sehari-hari seperti anakan ikan mas, ikan mujair, tetapi hindari memberikannya anakan ikan lele sebab memiliki patil yang sangat tajam. Selain itu, Anda juga boleh memberikan makanan seperti potongan udang, jangkrik, kelabang, dan katak.











1 komentar:

Jenis Ikan Predator dan Cara Perawatannya

Jenis Ikan Predator dan Cara Perawatannya             apakah kalian sudah tau kalau ikan predator itu sangatlah ganas dan adapula...